Tahu Apa yang Benar² Inspiring One?

January 7, 2013 § Leave a comment

inspiring_onePekan lalu, seorang teman menghadiahi saya buku ini (may Allah grant you better). Saya percaya bahwa everything happens on purpose. Segala teori tentang ‘kebetulan’, bagi saya, adalah omong kosong. Maka, buku yang di tangan saya inipun punya alasan sendiri: buku dengan isi yang tepat di waktu yang tepat.

Buku ini berjudul Inspiring One. Merupakan kumpulan artikel dari GeraiDinar.com. Sederhananya, blog yang dibukukan. Ditulis oleh Muhaimin Iqbal, pendiri Gerai Dinar. Terbaca dari sub-judulnya, buku ini bertujuan membangun jiwa entrepreneur dan memberikan kiat sukses dalam usaha. Penyampaian dalam buku ini ringan dan sederhana. Meski demikian buku ini tak hanya berisi kiat sukses usaha semata, namun juga sukses kehidupan.

Tentunya buku ini disuguhkan untuk siapapun yang memiliki keinginan berwirausaha. Baik mereka yang belum punya usaha atau yang sudah punya penghasilan sendiri, wabil khusus, para pekerja yang masih terima gaji. Namun jangan sinis dulu, penulis mencantumkan sendiri bahwa buku ini untuk mereka yang mengalami penyakit bad days: tak betah dengan rutinitas yang sama, gaji tetap, kemajuan lambat, singkat kata: ingin segera resign.

Saya setuju dengan penulis. Bagi mereka yang sudah nyaman dengan pekerjaan, tentu tak perlu merasa tergoda atau memaksakan diri untuk tidak betah. Menurut saya, tidak ada salahnya bekerja menerima upah—yang katanya zona aman—jika penghasilan halal, kebermanfaatan luas, kerja sejalan dengan hobi, pahala tinggi plus gaji besar (bilang و).

Meski demikian, buku ini tetap perlu dibaca. Mengingat pesan yang dibawa tak sekedar bagaimana berwirausaha, namun juga bagaimana mengisi hidup. Lebih dari itu, mengisi hidup bahagia sesuai tuntunan Al Quran dan sunnah. Dan memang, hidup bahagia hanya dengan tuntunan Al Quran dan sunnah.

Ada lima judul besar dalam buku ini. Dimulai dari bahasan tekad dan kesadaran, persepsi, ide, kesungguhan kerja hingga melatih kebiasaan dan mengasah keterampilan. Tentunya saya tak perlu tulis disini karena membaca langsung lebih baik. Tak tercampuri sudut pandang saya.

Bagi saya pribadi, hal paling menarik di sini adalah sudut pandang penulis. Saya kagum dengan usaha penulis dalam bisnisnya yang berangkat dari paradigma Al Quran dan sunnah. Mungkin sebagian kita sudah berkali-kali membaca ayat/hadits, bahkan menghapalnya, tapi yang didapat melulu makna yang sama.

Di buku ini, ada sudut pandang yang berbeda disuguhkan. Penulis mampu membawa pesan-pesan wahyu tersebut sebagai acuan dalam banyak sisi: bisnis, pertanian, kebiasaan, norma dan aturan hidup, skill, hingga pendidikan. Penulis telah membenarkan firman Allah yang berulang-ulang disebutkan dalam surat Al-Qamar:

Sungguh telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah yang mengambil pelajaran?

Saya teringat ucapan Imam Syafii. Siapa yang tak kenal tokoh yang nama beliau menjadi nisbah mazhab fiqh yang kita gunakan hingga hari ini. Saat masih belia, belum berumur baligh, Imam Syafii telah menghapal keseluruhan Al Quran. Bahkan, beliau berkali-kali merampungkan Al Quran dalam satu malam. Namun, apa yang beliau ucapkan tentang Al Quran saat membacanya untuk kesekian-kalinya, “Setiap kali aku membaca satu ayat dari Al Quran, aku selalu mendapatkan pelajaran baru.”

Kiat sukses dan mulia dalam usaha dan kehidupan yang ditulis dalam buku ini terangkum seluruhnya pada judul: Inspiring One. Saat merampungkan buku ini dan kembali membaca halaman awalnya, pikiran saya mengatakan bahwa Inspiring One sesungguhnya yang tersirat dalam 232 halaman tulisan ini, tak lain adalah Al Quran.

Dan, ya, everything happens on purpose. Pada kebingungan dunia dan culture shock dengan lingkungan baru yang saya miliki, saya diingatkan oleh buku ini.[]

Jakarta, 24 Safar 1434

Advertisements

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tahu Apa yang Benar² Inspiring One? at jannahTees.

meta

%d bloggers like this: